Langka, Kim Jong-un Boyong Istri dan Bibi ke Acara Imlek

Istri dan bibi Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, Ri Sol Ju serta Kim Kyong-hui, terlihat muncul di pertunjukan seni di Teater Seni Mansudae, Pyongyang, pada Rabu (2/2).

Ri Sol Ju dan Kim Kyong-hui diketahui jarang muncul di depan publik. Karena itu, kemunculan mereka di Teater Mansudae untuk merayakan Tahun Baru Imlek dinilai sebagai momen langka.

Kim Kyong-hui sempat menghilang dari publik setelah Kim Jong-un mengeksekusi mati suaminya, Jang Song Thaek, karena dituduh berkhianat pada 2013 lalu.

Rekaman stasiun televisi Korea Utara, KCNA, menunjukkan Ri Sol Ju mengenakan pakaian tradisional Hanbok Korea berwarna merah dan hitam. Perempuan 32 tahun itu terlihat mengobrol dan tersenyum bersama sang suami, Kim Jong-un.

Pasangan itu pun naik ke panggung untuk berjabat tangan dan berfoto dengan para artis Korea Utara yang hadir.

“Ketika (Kim Jong-un) muncul di auditorium teater bersama istrinya, Ri Sol Ju, di tengah pemutaran musik sambutan, para penonton bersorak ‘Hore!’,” demikan bunyi kaporan KCNA seperti dikutip Reuters.

Ri Sol Ju terakhir kali terlihat bersama Kim Jong-un pada 9 September lalu ketika mengunjungi Istana Matahari Kumsusan untuk memperingati hari jadi Korea Utara.

Selain Ri Sol Ju, tayangan KCNA juga memperlihatkan sosok Kim Kyong-hui untuk pertama kalinya sejak 2020. Kim Kyong-hui merupakan mantan pejabat senior Partai Buruh yang berkuasa.

Kim Kyong-hui terlihat duduk di sebelah Ri Sol Ju saat acara seni berlangsung. Ia merupakan tokoh kunci di awal-awal Kim Jong-un berkuasa.

Kim Kyong-il merupakan adik perempuan ayah Kim Jong-un, Kim Jong-il. Perempuan itu menghilang dari publik setelah Kim Jong-un mengeksekusi suaminya, Jang Song Thaek, pada 2013 lalu.

Enam tahun sejak eksekusi suaminya, Kim Kyong-hui muncul kembali ke publik. Pada 2017, Badan Intelijen Korea Selatan (NIS) mengatakan Kim Kyong-hui sedang berurusan dengan penyakit di luar Pyongyang. Meski begitu, tidak jelas sakit apa yang diderita Kim Kyong-hui.

dilansir dati laman: cnnindonesia.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *