Once Tak Selera dengan Lagu Separuh Nafas Dewa 19

Once Mekel mengungkapkan Separuh Nafas menjadi single Dewa 19 yang paling ia tidak sukai. Once menilai Separuh Nafas sangat sederhana dibandingkan lagu-lagu Dewa 19 lainnya.

“Separuh Nafas (paling tidak disuka). Dari awal aku enggak selera sebenarnya. Tapi, kenyataannya itu lagu yang paling laku,” ujar Once dalam video YouTube Augie Fantinus beberapa waktu lalu.

“Kalau dibanding lagu Dewa yang lain, lagu Separuh Nafas sangat sederhana. Lagu Dewa yang lain kan chordnya banyak,” lanjutnya.

Separuh Nafas dirilis pada 2000 dan menjadi bagian Bintang Lima, album pertama Dewa 19 dengan Once sebagai vokalis. Tak hanya Once, Tyo Nugros juga diperkenalkan sebagai drummer lewat album tersebut.

Album Bintang lima berisi 11 lagu, di antaranya, Roman Picisan, Dua Sejoli, Risalah Hati, Separuh Nafas, Lagu Cinta, dan Sayap-Sayap Patah.

Once bergabung dengan Dewa 19 pada 2000 dan memutuskan hengkang pada 2011. Ia lalu mengembangkan kariernya sebagai solois dengan merilis dua album solo, yaitu Once (2012) dan Intrinsik (2015).

Once mengaku lebih suka menjadi vokalis band dibandingkan solois. Namun, jadwal yang sering bentrok antarpersonel menjadi salah satu hal yang tak disukai penyanyi 51 tahun tersebut.

“(Lebih suka) Band sebenarnya, kalau band asik aja, lebih semangat. Cuma susah mengatur jadwalnya, sama bagi-baginya enggak terlalu enak,” ujar Once.

Dalam kesempatan itu, Once juga mengatakan bakal merilis karya terbaru. Album baru itu akan mulai digarap pada April 2022.

Once Mekel mulai berkecimpung di dunia musik sejak duduk di bangku SMP. Ia menggantikan vokalis sebuah band di festival musik.

Saat tamat SMA, ia menjadi vokalis semiprofesional. Bandnya bahkan pernah mengiringi penyanyi kondang Ita Purnamasari.

Once memutuskan kuliah di Fakultas Hukum Indonesia dan lulus pada 1996. Setelah itu, ia bekerja sebagai legal coordinator di perusahaan konstruksi.

Ia juga pernah bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Setelah itu, ia memutuskan fokus pada dunia musik dan bergabung dengan Dewa 19.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts